Kamis, 08 September 2011

Tips Menghilangkan Varises

Kaki Varises

Tips Menghilangkan Varises - Garis-garis halus dan urat-urat yang muncul di kaki bisa jadi varises. Varises terjadi di pembuluh vena yang berfungsi mengangkut darah sisa metabolisme dari seluruh jaringan tubuh dan kembali ke jantung. Varises disebabkan karena berkurangnya elastisitas dinding pembuluh vena. Menyebabkan pembuluh vena melemah dan tidak mampu mengalirkan darah ke jantung.

Varises menyebabkan sirkulasi darah menjadi tidak lancar, karena terhambat di sekitar betis dan tungkai kaki saat menahan berat tubuh. Selain di bagian kaki, belakangan diketahui bahwa ternyata varises pun bisa terjadi di bagian lengan. Untuk mengurangi varises ikuti tips berikut:

Tips 1. Memakai high heels
Bagi Anda pencinta sepatu hak tinggi, sebaiknya mulailah mengurangi kebiasaan memakai hak tinggi. Usahakan membeli hak yang tidak lebih dari lima centimeter.

Tips 2. Hindari berdiri terlalu lama
Berdiri terlalu lama menjadi salah satu penyebab varises. Oleh karena itu hindari berdiri terlalu lama. Namun jika pekerjaan Anda harus memaksa Anda berdiri dalam waktu yang lama, usahakan agar Anda tidak berdiri dengan keadaan yang sama dalam waktu yang lama. Bergeraklah sedikit agar pembuluh darah tidak kaku.

Tips 3. Hindari terlalu banyak mengkonsumsi gula, garam dan goreng-gorengan
Hal tersebut lah yang membuat pengidap kolesterol tinggi dan kencing manis berisiko memiliki varises.

Tips 4. Makan sayur dan buah
Makanan yang sehat dapat menghindari terjadinya varises. Sayuran dan buah yang mengandung banyak serat dan makanan yang dapat merangsang sirkulasi darah seperti bawang-bawangan dan jahe. Jangan lupa mengkonsumsi vitamin B kompleks, C, E, B6, asam folat, magnesium, kalsium dan zinc. Hindari makanan pedas seperti lada hitam khususnya saat urat Anda membengkak.

Tips 5. Berolahraga
Olahraga sangat baik untuk kesehatan. Karena sifatnya yang memacu jantung dan melancarkan aliran darah, sehingga dapat menghindari terjadi varises. Olahraga seperti jogging, jalan cepat, bersepeda dan berenang sangat baik untuk memperlancar aliran darah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar