Kamis, 15 September 2011

Tips Menghindari Rasa Kantuk di Kantor

Tidur di Kantor

Tips Menghindari Rasa Kantuk di Kantor - Biasanya rasa kantuk datang di sekitar pukul dua hingga empat sore. Kopi mungkin bisa menjadi solusi untuk membuat Anda tetap terjaga, namun hal tersebut belum tentu baik bagi kesehatan Anda.

Rasa kantuk yang Anda rasakan di siang hari biasanya dikarenakan kurangnya tidur di malam hari. Agar hal tersebut tidak terulang lagi, cobalah ikut tips berikut ini.

Tidur Yang Memadai
Banyak orang yang memangkas jam tidur mereka untuk menonton sinetron atau hang out di cafe bersama teman-teman. Jangan heran jika keesokan harinya kepala terasa berat dan sulit berkonsentrasi.

Orang dewasa membutuhkan tujuh hingga sembilan jam untuk tidur setiap harinya. Jika jam tidur tersebut tidak memadai, maka Anda akan merasa mengantuk di keesokan harinya.

Jauhkan Gangguan
Karena biasanya ada hal yang lebih menarik daripada tidur, seperti menonton tv, membaca buku atau browsing internet, maka jauhkan benda-benda tersebut dari kamar Anda. Jadikan kamar tidur hanya untuk tidur dan bercinta saja. Maka Anda akan mendapatkan waktu yang cukup untuk istirahat.

Jaket
Biasanya kantor Anda dilengkapi dengan fasilitas pendingin ruangan. Udara yang dingin pastinya akan membuat Anda lebih mudah mengantuk. Oleh karena itu simpanlah jaket di kantor untuk menghangatkan tubuh dan melawan rasa kantuk yang menyerang.

Makan Tepat Waktu
Dengan makan tepat pada waktunya, maka tidak hanya baik bagi kesehatan saja, tetapi juga membantu mengatur ritme sirkadian Anda. Ritme sirkadian adalah irama yang mengatur diri Anda dalam satu hari. Jika selama ini ritmenya sudah salah karena kebiasaan Anda (tidur larut dan mengantuk di siang hari), perbaiki dengan mulai makan tepat waktu.

Jangan Tidur Siang
Sehebat apapun rasa kantuk yang Anda alami saat di kantor, sebaiknya janganlah sampai tertidur. Hal tersebut akan membuat ritme sirkadian Anda berubah secara perlahan. Jika Anda menurutinya (tidur siang) maka di malam hari Anda akan mengalami kesulitan tidur dan kembali mengantuk pada siang hari.

Olahraga
Latihan secara rutin memberikan berbagai manfaat untuk tubuh, termasuk tidur. Jika Anda mengalami kesulitan tidur di malam hari, maka mulailah berolahraga sebelum Anda makan malam, maka Anda akan merasa mengantuk beberapa jam kemudian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar