Senin, 12 September 2011

Tips Mengurangi Nyeri Punggung Saat Hamil

Nyeri Punggung Saat Hamil

Tips Mengurangi Nyeri Punggung Saat Hamil - Nyeri punggung seringkali dialami wanita yang tengah hamil besar. Beberapa tips berikut bisa Anda ikuti demi mengurangi rasa sakit itu. Rasa sakit datang karena punggung Anda menahan beban perut yang semakin besar. Untuk meringankan rasa sakit, ada beberapa hal yang harus dilakukan.

Memilih aktivitas fisik
Hamil besar bukan berarti Anda tak bisa melakukan apa-apa. Namun sebisa mungkin jangan memilih aktifitas yang mengharuskan Anda berada di satu posisi dalam waktu yang lama. Hal itu akan membuat otot Anda kaku. Sesekali gerakkan badan Anda ke kiri dan ke kanan untuk peregangan. Jangan juga melakukan aktivitas fisik yang mengharuskan Anda membungkuk. Karena tumpuan berat badan Anda akan berada di punggung, sehingga membuatnya nyeri. Selain itu jika Anda tak kuat menahan tubuh, risiko terjatuh akan sangat besar.

Gerakan Lembut
Apapun kegiatan yang Anda pilih, usahakan melakukannya dengan gerakan yang lembut, perlahan dan hati-hati. Gerakan tiba-tiba dan kencang akan membuat otot punggung Anda kejang. Selain itu hal tersebut juga berbahaya bagi calon bayi.

Cara duduk
Cara duduk yang tepat juga bisa membuat Anda terhindar dari nyeri punggung saat hamil. Pilihlah kursi dengan sandaran yang keras lengkap dengan penumpu tangan. Hal ini akan memudahkan Anda untuk bangun. Jangan pernah duduk dengan menyilangkan kaki, karena akan menyulitkan Anda. Saat duduk, biasakan untuk melakukan peregangan tiap 15 menit sekali agar otot tidak kaku dan tegang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar