Minggu, 25 September 2011

Tips Cegah Nyeri Punggung Dengan Ubah Postur Tubuh

Postur Tubuh

Tips Cegah Nyeri Punggung Dengan Ubah Postur Tubuh - Anda sering mengalami nyeri punggung atau leher? Mungkin ini dikarenakan postur tubuh Anda yang tidak benar.

Memperhatikan postur tubuh adalah hal yang penting. Postur tubuh yang benar akan menopang kerangka tubuh dengan baik pula. Oleh karena itu Anda akan terhindar dari nyeri sendi, sakit punggung dan juga keseleo. Ini beberapa tips untuk memperbaiki postur tubuh Anda.

Saat duduk
Biasakan pada saat duduk, pinggul harus menyentuh dasar tempat duduk. Jangan lupa bagian belakang punggung juga harus ditopang dengan baik, misalnya dengan sandaran kursi. Jika bekerja di depan komputer, pastikan tangan Anda memiliki ruang gerak yang cukup. Jika merasa leher Anda sakit, cobalah untuk mempertahankan bahu pada posisi yang rileks sperti bersandar.

Saat berdiri
Hindari posisi berdiri dengan postur membungkuk. Usahakan selalu berdiri tegak dengan perut yang ditahan ke dalam. Saat mengambil barang yang terjatuh, hindari membungkuk dengan posisi membentuk 90 derajat. Tekuk lutut seperti hendak jongkok setiap Anda mengambil barang. Hal tersebut dapat mengurangi resiko sakit punggung.

Saat tidur
Memperhatikan postur tubuh yang baik tidak hanya saat beraktivitas saja. Posisi tidur pun juga harus diperhatikan. Hindari tidur di atas sofa atau kursi, permukaan sofa tidak cocok untuk menopang tubuh dengan benar. Menonton TV sambil berbaring diatas sofa sebaiknya juga dihindari karena akan menimbulkan ketegangan pada leher. Tidurlah diatas tempat tidur, yang akan membuat tubuh jauh lebih rileks.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar