Rabu, 14 September 2011

Tips Nutrisi Wajib Untuk Ibu Pasca Melahirkan

Diet Pasca Melahirkan

Tips Nutrisi Wajib Untuk Ibu Pasca Melahirkan - Nutrisi untuk ibu pasca melahirkan tak semata hanya untuk memperkaya kandungan ASI. Jika dipilih dengan benar, asupan nutrisi juga bisa membantu melangsingkan tubuh.

Agar gizi yang diperlukan bayi saat menyusui terpenuhi, jangan sampai melewatkan makanan wajib untuk ibu hamil. Keuntungan lainnya, Anda dapat menurunkan berat badan secara bertahap tanpa menyiksa kesehatan tubuh.Ikuti tips berikut ini:

Stop Diet
Saat diet, Anda cenderung menjauhkan diri dari makanan favorit. Hentikanlah kebiasaan itu. Anda sudah cukup stres dengan peran baru sebagai ibu, jangan menambahnya lagi dengan tidak bisa mendapatkan apa yang Anda inginkan karena hal ini justru membuat Anda meningkatkan berat badan itu sendiri.

Daripada melakukan diet, lebih baik Anda mengkonsumsi makanan empat sehat lima sempurna. Simpanlah berbagai makanan kecil untuk berjaga-jaga bila Anda lapar dan mengisi energi Anda seharian.

Apapun yang Anda lakukan demi menurunkan berat badan setelah melahirkan, usahakan Anda mengkonsumsi lebih dari 1800 kalori perharinya. Apalagi bagi mereka yang menyusui, perlu diingat bahwa bayi Anda membutuhkan asupan gizi dari Anda.

Makanan Super
Dibutuhkan banyak nutrisi untuk ibu baru, khususnya mereka yang menyusui. Pilihlah makanan yang mengandung banyak nutrisi dan rendah kalori dan lemak. Salah satu makanan super yang baik Anda konsumsi adalah ikan. Kandungan DHA dan asam lemak omega-3 akan membantu bayi Anda mengembangkan otaknya dan sistem sarafnya. Ikan yang mengandung DHA terbaik adalah ikan yang hidup di air dingin seperti salmon dan tuna.

Makanan lain yang baik bagi Anda dan bayi adalah susu dan yogurt. Susu sudah menjadi minuman yang wajib bagi ibu hamil dan menyusui karena kandungan kalsiumnya yang membuat tulang Anda kuat. Jangan lupa untuk mengkonsumsi protein, Anda bisa mendapatkan pada biji-bijian seperti kacang hijau, tahu, tempe dan putih telur. Protein sangat baik untuk membuat perut Anda merasa kenyang lebih lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar