Sabtu, 24 September 2011

Tips Menyusui si Bayi Kembar

Menyusui si Bayi Kembar

Tips Menyusui si Bayi Kembar - Memiliki bayi kembar memang menyenangkan. Namun bagi mama baru, tentu ada beberapa hal yang masih perlu dipelajari. Terutama dalam hal menyusui. Tips-berikut akan memudahkan Anda.

1. Jangan takut kekurangan ASI
Secara teori, produksi ASI Anda dipengaruhi oleh "permintaan" dari bayi. Jika Anda memiliki bayi kembar, maka produksi ASI pun bertambah. Namun Anda harus tetap mengonsumsi makanan yang bergizi tinggi seperti protein, buah-buahan, dan sayuran. Anda juga memerlukan asupan kalori dan cairan yang lebih banyak dibanding seorang ibu yang menyusui satu bayi.

2. Susui secara bersamaan
Hampir semua ahli menganjurkan Anda menyusui bayi kembar secara bersamaan. Jika tidak, Anda bisa bayangkan betapa lelahnya harus menyusui bayi yang lain setelah selesai menyusui bayi pertama. Ada dua posisi yang sering digunakan untuk melakukannya, yakni di bawah ketiak dan posisi mengayun.

Anda bisa menyusui keduanya dengan menggendong mereka masing-masing pada ketiak Anda, dengan posisi bayi agak tegak. Gunakan bantal untuk membantu. Anda juga bisa menyusui mereka dengan posisi seperti mengayun, dengan posisi bayi lebih rendah. Intinya temukan posisi yang paling nyaman bagi Anda, juga si kembar.

3. Bergiliran
Jika Anda merasa tak mampu menyusui si kembar secara bersamaan, lakukan secara bergiliran. Dengan ini Anda juga bisa mengatur keseimbangan produksi ASI. Jika salah satu bayi menyusu lebih kuat, biarkan saudaranya menyusu dengan payudara yang lain. Sehingga produksi ASI di kedua payudara Anda seimbang.

4. Bantu dengan Susu Formula Jika Diperlukan
Susu formula diperlukan ketika Anda memiliki jumlah bayi kembar lebih dari 2. Karena tak mungkin menyusui mereka secara berbarengan, dan tak mungkin juga membiarkan mereka kehausan. Jika Anda tetap ingin memberikan ASI eksklusif pada si kembar, gunakan pemerah susu otomatis untuk menampung ASI di dalam botol. Sehingga Anda bisa memberikan ASI di dalam botol pada si kembar.

5. Bantuan Orang Lain
Anda akan sangat lelah pada minggu-minggu pertama setelah melahirkan bayi kembar. Oleh karena itu, libatkan orang-orang terdekat Anda untuk membantu pekerjaan Anda. Sebagai contoh, Anda bisa memompa ASI Anda dan menyimpannya di lemari pendingin. Setiap kali bayi Anda terbangun di malam hari, Anda bisa meminta tolong suami Anda atau anggota keluarga yang lain untuk memberikannya kepada si kecil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar