Kamis, 29 September 2011

Tips Kelancaran Karir dengan Bangun Network

Relasi Karir

Tips Kelancaran Karir dengan Bangun Network - Pada prinsipnya, tak ada seseorang yang berhasil tanpa bantuan orang lain. Dengan cakupan networking yang luas, Anda akan memiliki karir yang lebih mulus.

Sebuah networking yang luas bermanfaat untuk mendapatkan informasi penting yang Anda butuhkan untuk menunjang karir Anda. Ia juga dapat melancarkan 'goal' bisnis Anda. Masih banyak lagi keuntungan yang didapat bila memiliki banyak relasi dan teman.

Networking secara informal menjadi media yang efektif. Oleh dari itu, melalui pertemanan dan pergaulan, kenali orang sebanyak-banyaknya dan bangunlah jaringan yang efektif dengan mereka.

Mengingat pentingnya relasi, maka dibutuhkan keterampilan komunikasi yang baik. Berikut tips dalam membangun networking:

1. Jangan lupa untuk selalu bertukar kartu nama bila berkenalan dengan relasi baru. Atau setidaknya informasi pribadi yang penting, misalnya nomor telepon, Pin BBM (Black Berry Messenger) dan alamat kantor.

2. Simpan baik-baik kartu nama yang diperoleh. Untuk memudahkan mengingat orang tersebut, Anda dapat menuliskan pada kartu namanya informasi ekstra seperti tempat dimana Anda berkenalan serta mencantumkan tanggal saat Anda berkenalan.

Hal ini berguna untuk memulai percakapan saat Anda menghubunginya kembali kelak.

3. Membina hubungan baik hendaknya sampai jangka panjang bukan hanya sesaat.

4. Bukan berarti juga Anda harus selalu menghubungi terus-menerus. Untuk tetap menyegarkan ingatannya tentang diri Anda, lakukan hal-hal sederhana seperti mengirim ucapan hari raya atau natal, ulang tahun atau sekedar menanyakan kabar lewat sms atau BBM (Blackberry Messenger)

5. Jika Anda mengganti nomor handphone, jangan lupa untuk memberi kabar kepada semua relasi. Bila menyampaikan melalui sms/pesan singkat, jangan lupa juga untuk mencantumkan nama dan tempat kerja Anda di bawah pesan. Hal ini untuk memberi informasi kepada rekan Anda yang mungkin saja lupa dengan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar