Kamis, 22 September 2011

Tips Merawat Bahan Suede

Nyuci Baju

Tips Merawat Bahan Suede - Item fashion berbahan suede memang memiliki tekstur yang lebih halus daripada kulit biasa. Sayangnya bahan ini cenderung lebih sulit dalam hal perawatan. Simak tips perawatan berikut ini.

Jika Anda penyuka gaya preppy ataupun rock, maka materi suede akan menjadi pilihan gaya. Sayangnya, tidak banyak yang tahu bagaimana cara merawat jenis kulit ini. Bagaimanakah cara yang benar dalam merawatmya?

1. Gunakan suede protector
Jika Anda membeli sepatu suede, jangan lupa untuk membeli suede protectornya. Semprotkan merata pada sepatu atau tas Anda untuk melindunginya dari debu dan kotoran. Mendapatkan suede protector pun cukup mudah karena tersedia di toko - toko sepatu.

2. Karet penghapus
Jika debu terlanjur menempel, Anda bisa menggunakan karet penghapus untuk menghilangkan debu yang menempel. Gosok secara merata, searah secara halus. Cara ini efektif digunakan untuk membersihkan noda ringan.

3. Penyedot debu
Gunakan penyedot debu untuk menghilangkan debu kering yang membuat warna kusam, layaknya Anda menyedot karpet.

4. Sikat gigi dan air
Sikat gigi bekas dapat digunakan untuk noda yang terlanjur menempel, seperti lumpur atau cipratan minuman yang tumpah. Caranya basahi sikat dan gosokan searah pada noda.Untuk mengeringkan, letakkan bahan suede pada kipas angin. Jangan sekali-kali menjemur sepatu Anda di bawah sinar matahari.

5. Suede cleaner
Bila noda yang ada tidak bisa dihilangkan dengan keempat cara di atas, semprotkan suede cleaner dan sikatlah bagian yang disemprot.

6. Jaga bentuk sepatu dan kelembabannya
Setelah dibersihkan dan dirasa akan tidak dipakai dalam waktu yang lama, sebaiknya masukkan sepatu/tas ke boks dan masukkan gumpalan koran ke dalamnya agar bentuk tetap terjaga.

Alternatif lainnya masukan silica gel dan kapur barus pada kotak agar kelembaban dan baunya terjaga. Hal ini juga dapat mencegah serangga masuk ke dalam sepatu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar