Kamis, 28 April 2011

Mercedes Benz A-Class F-Cell Mobil ramah lingkungan

Mercedes Benz A-Class F-Cell



Mobil ramah lingkungan adalah mobil dengan polusi minimal, atau bahkan tanpa polusi sama sekali. Beberapa dekade lalu mobil ramah lingkungan ini hanya berupa impian belaka.  Kalaupun ada, itu pun hanya sebatas sebagai mobil konsep yang belum dijual ke khalayak. Namun sekarang hal itu bisa menjadi kenyataan, terutama setelah diluncurkannya Mercedes Benz A-Class F-Cell yang menggunakan full cell.



Penggunaan fuel cell dan bahan bakar hidrogen akan menghasilkan emisi gas buang = nol sehingga bisa dikatakan bebas polusi. Di samping bebas polusi emisi gas buang mobil ini juga tidak mengeluarkan suara bising.  Sehingga boleh dikatakan bahwa mobil ini bebas polusi udara dan polusi suara.





Secara teknis dapat diberikan gambaran bahwa Mercedes Benz A-Class F-Cell itu menggabungkan hidrogen dalam tangki bahan bakarnya dengan oksigen yang diperoleh dari udara di dalam fuel cell untuk menghasilkan listrik.  Listrik yang dihasilkan itu selanjutnya digunakan untuk menggerakkan motor listrik.



Mercedes Benz A-Class F-Cell mempunyai daya jelajah 145 kilometer dalam satu kali pengisian hidrogen. Motor listrik 87 PK mampu menghasilkan kecepatan maksimum 140 kilometer per jam. Dari posisi mobil berhenti, untuk mencapai kecepatan 100 kilometer per jam ditempuh dalam waktu 16 detik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar