Jumat, 29 April 2011

Asal Usul Misteri Angka 13

Asal Usul Misteri Angka 13 - Di zaman modern seperti sekarang ini tidak sedikit orang yang masih mempercayai takhayul. Pernahkah anda mendengar angka sial 13? Saya yakin semua pasti tahu bahwa angka ini dianggap keramat dengan berbagai kepercayaan mistisnya. Berapa banyak hotel atau permukiman yang pantang mencantumkan angka 13 untuk nomor lantai, kamar, maupun rumah serta lift di gedung-gedung bertingkat. Kisah di Pelabuhan Ratu tentang adanya kamar khusus bernomor 13 buat persembahan itu sudah diketahui oleh banyak orang.

Timbulnya kepercayaan ini diduga berasal dari  Pythagoras, figur seniman, filsuf, dan guru dari abad 6 SM, secara tak langsung mendorong para pengikutnya melahirkan pemahaman baru, numerologi. Mengapa angka 13 dianggap angka yang membawa kekurang-beruntungan? Sebenarnya, kepecayaan tahayul dan aneka mitos yang ada berasal dari pengetahuan kuno bernama Kabbalah. Kabalah merupakan sebuah ajaran mistis kuno, yang telah dirapalkan oleh Dewan Penyihir tertinggi rezim Fir’aun yang kemudian diteruskan oleh para penyihir, pesulap, peramal, paranormal, dan sebagainya terlebih oleh kaum Zionis-Yahudi yang kemudian mengangkatnya menjadi satu gerakan politis dan sekarang ini ajaran Kabbalah telah menjadi tren baru di kalangan selebritis dunia.

Menurut pandangan Islam bahwa hal di atas termasuk kategori Thiyarah yang bertentangan dengan Tauhid karena perbuatan Allah dinisbatkan kepada makhluk. Juga dikarenakan thiyarah itu akan menjadi sebab adanya keyakinan bahwa makhluk yang lemah itu punya pengaruh dalam takdir yang telah Allah tentukan. Oleh karena itu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menetapkannya sebagai kesyirikan.

Jadi, apakah anda masih percaya dengan angka 13 sebagai angka keramat ….?????

Tidak ada komentar:

Posting Komentar