Sabtu, 11 Juni 2011

Mengapa Kecoa Selalu Beloknya Ke Kanan ?

kecoa
Semua pasti kenal Kecoa, hewan kecil yang menjijikann, ternyata mampu memilih arah saat berjalan. Hewan ini memiliki perilaku mendasar yang sama dengan sebagian besar manusia yaitu memilih arah kanan.

Para peneliti melepaskan kecoak pada tabung berbentuk Y. Tabung itu sebelumnya sudah diberi aroma vanilla atau ethanol untuk menarik serangga itu melewati percabangan. Peneliti kemudian mencatat arah mana yang diambil oleh kecoak.

Ternyata, 57 persen kecoak dengan antena lengkap lebih memilih mengambil arah ke kanan. Pemilihan arah kanan ini juga tidak berubah meskipun peneliti memotong salah satu antena sensitif kecoak yang berguna sebagai indra perabaa dan penciuman.

Temuan yang akan dipublikasikan pada Journal of Insect Behaviour ini menambah bukti bahwa otak berukuran terkecil sekalipun memiliki preferensi terhadap arah.

Menurutt peneliti, penemuan ini juga bisa dimanfaatkan oleh para pakar biologi yang tengah berusaha mencari cara untuk mengontrol kecoak untuk kebutuhann misi penyelamatan saat bencana, ataupun untuk mengontrol hama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar