Sabtu, 11 Juni 2011

Manfaat Membacakan Anak Buku Cerita Sejak Dini



Membacakan buku untuk anak merupakann salah satu kunci sukses untuk masa depannya. Ada banyak manfaat di balik kegiatan tersebut. Ini dia 12 manfaat membacakan anak buku cerita yang perlu Anda ketahui.

"Tidak pernah ada kata terlalu cepat untukk membacakan anak sebuah buku," jelas Ahli Pendidikan Anak dari Mississippi State University Nancy Verhoek-Miller, seperti dilansir dari SixWise.

Menguatkan pernyataan Nancy, para ahli pun merokomendasikann pada orangtua untuk mulai membacakan buku saat anak masih berada dalam kandungan. Saat membacakan buku itu, lakukan dengan suara yang cukup keras untuk bisa didengar anak.

Berikut ini 12 manfaat membacakan buku untuk anak:

1. Menumbuhkan minat baca seumur hidup. "Mengajak anak-anak secara aktif terlibat dalam proses membaca, dan membuat mereka berinteraksi dengan orang dewasa, adalah kunci untuk menumbuhkan minat dalam membaca," ujar BeAnn Younker, Kepala Sekolah di Battle Ground Middle School, Indiana, Amerika Serikat.

2. Berdasarkan data dari National Center for Education Statistics di Amerika Serikat, anak-anak yang orangtuanya rajin membacakan buku kepada mereka cenderung untuk menjadi pembaca yang lebih baik dan pintar di sekolah.

3. Membaca untuk anak-anak membantu mereka dengan mengenal bahasa dan mempercepat perkembangan bicara.

4. Memperluas kosa kata dan mengajarkan anak-anak bagaimana mengucapkan

kata-kata baru.

5. Membaca untuk balita mempersiapkan mereka untuk sekolah, di mana mereka harus mendengarkan apa yang dikatakan kepada mereka (mirip dengan apa yang mereka lakukan ketika sedang membaca).

6. Membaca untuk anak-anak yang lebih tua membantu mereka memahami tata bahasa dan struktur kalimat yang benar.

7. Anak-anak dan orangtua dapat menggunakan waktu membaca sebagai bonding time (memperkuat kedekatan). Ini kesempatan yang sangat baik untuk berkomunikasi langsung dengan mereka. Orangtua juga bisa memberikan perhatian secara maksimal pada anak.

8. Mengasah kemampuan anak untuk mendengarkan.

9. Rasa ingin tahu, kreativitas dan imajinasi semua dikembangkan ketika sedang membaca.

10. Membantu anak belajar bagaimana mengekspresikann diri mereka secara jelas dan penuh percaya diri.

11. Anak-anak bisa belajar bagaimanaa harus bersikap saat menghadapi situasi atau lingkungan baru. Membacakan buku untuk anak juga bisa membuat mereka lebih siap ketika mereka menghadapi kehidupan nyata.

12. Saat membaca, anak-anak dapatt mengetahui ritme dan melodi bahasaa bahkan sebelum mereka dapat memahami kata yang diucapkan atau ditulis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar