Minggu, 04 September 2011

Tips Sukses Dengan Menjalin Relasi Kerja

kerja sukses

Tips Sukses Dengan Menjalin Relasi Kerja - Relasi dalam berkarier merupakan salah satu poin utama menuju kesuksesan. Namun bagaimana caranya menjalin relasi yang baik? Simak beberapa tipsnya.

Helene Lerner, seorang konsultan karir ternama akan berbagi tips bagi Anda untuk menjalin sebuah relasi kerja yang sukses.

Fokus
Yang pertama kali harus dilakukan saat ingin menjalin relasi adalah, menentukan tujuan Anda. Akan ke mana karir dibawa. Jika sebuah keputusan sudah dibuat, maka semakin mudah bagi Anda untuk memilih calon relasi.

Tonjolkan Kemampuan Diri
Anda akan ada di dalam kelompok orang yang memiliki minat, tujuan serta kegemaran yang sama. Namun kelebihan serta keunikan diri tetap harus ditonjolkan. Itu adalah karakter serta ciri khas yang akan membedakan Anda dengan yang lain. Bisa jadi keunikan itulah yang membuat ikatan relasi semakin kuat dan kokoh.

Basa-basi Itu Perlu
Basa-basi seringkali bertindak sebagai 'icebreaker' atau penghangat suasana. Carilah sesuatu yang positif dari lawan bicara Anda. Hargai hal tersebut, dan pujilah ia. Hal itu akan memberikan nilai positif bagi kepribadian Anda. Namun hati-hati, jangan terlalu mengumbarnya, apalagi mengatakan pujian palsu. Ketidaktulusan Anda akan terbaca, dan hal itu akan memberi penilaian yang buruk.

Percaya Diri
Walau orang di sekitar Anda lebih senior, berpengalaman dan sebagainya, namun itu bukan alasan untuk berkecil hati. Yakinlah pada diri sendiri bahwa Anda mampu menawarkan sesuatu yang baik bagi para relasi.

Sopan Santun
Yang terakhir, jaga selalu sopan santun. Lain lingkungan, lain pula sopan santun yang dijalankan. Jika di kantor B, mengunyah permen karet saat bersama klien adalah hal biasa, namun bukan berarti Anda bisa melakukannya di kantor B. Kenalilah klien dengan baik, dan bersikaplah sopan, elegan, dan cerdas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar