Kamis, 08 September 2011

Tips Pernikahan Dengan Komunikasi Intim

komunikasi intim

Tips Perpanjang Umur Pernikahan Dengan Komunikasi Intim - Komunikasi selalu menjadi jalan keluar dalam penyelesaian konflik, termasuk dalam sebuah pernikahan. Oleh karena itu kita perlu melatih kemampuan komunikasi dengan pasangan. kesibukan kerja serta jadwal yang padat seringkali membuat pasangan jarang berkomunikasi. Banyak masalah yang kemudian timbul karena keadaan tersebut.

Untuk itu Anda perlu melakukan beberapa hal agar komunikasi dengan pasangan tetap berjalan dengan baik. Beberapa tips dari psikolog John M. Gottman dan Julie Schwartz Gottman berikut mungkin bisa Anda ikuti.

Sediakan Waktu Jangan menyepelekan waktu kebersamaan Anda dan pasangan. Bukan hanya sekedar berjalan-jalan atau hangout, namun juga menyediakan waktu untuk melakukan komunikasi yang berkualitas.

Anda tak perlu melakukannya di sebuah resto yang mahal atau vila yang romatis. Cukup sediakan waktu santai di rumah, serta pikiran yang terbuka dan mood yang baik. Hal itu cukup untuk membuat komunikasi Anda dan si dia bisa melakukan komunikasi yang lancar dan dalam.

Hilangkan Hal-hal yang Mungkin Mengganggu Hilangkan hal-hal yang bisa mengganggu komunikasi Anda, misalnya televisi, radio dan sebagainya. Biarkan juga si kecil tidur terlebih dahulu agar tak mengganggu konsentrasi Anda dan pasangan saat ingin bertukar pikiran.

Pelajari Teknik-teknik Dasar Komunikasi Teknik-teknik dasar komunikasi tak hanya berlaku saat Anda tengah wawancara keja atau menghadapi klien saja. Pasangan pun perlu Anda perlakukan sama terhormatnya dengan mereka.

Seringkali salah satu dari Anda memiliki sifat lebih aktif dalam berbicara ketimbang yang lain. Agar sesi ini tak menjadi rusak karena kesalahpahaman, sebaiknya terapkan beberapa aturan dasar komunikasi berikut.

Tips 1. Jadilah pendengar yang baik. Jangan memotong pembicaraannya, karena hal itu akan membuat pasangan Anda merasa tidak didengarkan.

Tips 2. Selalu lakukan kontak mata dan bahasa tubuh untuk menunjukkan ketertarikan Anda terhadap topik pembicaraan.

Tips 3. Jangan hanya mengkritik, tapi berikan juga solusi dan motivasi yang baik.

Tips 4. Jika tak mungkin memberikan solusi, cukup tunjukkan bahwa Anda peduli padanya, dan apapun yang terjadi, Anda berada di pihaknya.

Gunakan juga pelukan hangat dan kecupan manis untuk menunjukkan betapa Anda menyayanginya. Komunikasi lancar, hubungan Anda pun semakin hangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar