Sabtu, 03 September 2011

Tips Hilangkan Gas Perut Si Kecil

Gas Perut si BayiA

Tips Hilangkan Gas Perut Si Kecil - Bayi yang baru lahir biasanya suka membuang gas guna melancarkan sistem pencernaan, namun seringkali proses tersebut terhambat. Ada beberapa tips untuk membantu agar gas tersebut tak mengganggu kesehatan si kecil.

Bagi seorang mama baru, banyak hal yang harus dipelajari untuk merawat si kecil. Salah satunya saat sang buah hati mulai membuang gas. Jika terhambat, gas itu akan menimbulkan gangguan kesehatan pada bayi. berikut beberapa langkah yang bisa membantu Anda.



Tips 1. Biasanya perut bayi menimbulkan gas saat ia habis menyusui. Perut dengan gas akan membuatnya tak nyaman. Terkadang jika tidak dibuang gasnya, si kecil akan muntah.

Sehabis menyusui, biasakan angkat bayi Anda lalu dekap di pundak. Tepuk lembut punggungnya perlahan hingga ia bertahak. Bayi yang baru lahir tak bisa bertahak secara alami seperti orang dewasa. Ia butuh bantuan Anda.

Tips 2. Jika metode yang pertama tak bisa membuat si kecil bertahak, coba cara yang lain. Baringkan ia di tempat tidur dengan posisi telentang. Lalu gerakan kedua kakinya seperti gerakan mengayuh sepeda. Gerakan kaki tersebut akan membantu perut si kecil dan memompa gasnya hingga keluar.Perlu diingat, lakukan dengan perlahan hingga gas dalam perut si kecil keluar.

Tips 3. Pijatan lembut juga akan membuat si kecil lebih rileks dan memancingnya bertahak. Pertama-tama pijat kakinya, lengan, lalu ke perut. Saat memijat area perut, jangan menekannya terlalu kuat. Cukup usap-usap saja dengan minyak telon atau baby oil. Menekan perut si kecil terlalu kuat malah akan membuatnya muntah.

Tips 4. Mengajak bayi Anda berdansa juga salah satu cara membuatnya santai dan juga senang. Pasanglah musik yang menyenangkan, lalu dekap bayi Anda. Mulailah melakukan gerakan layaknya orang berdansa, lakukan dengan perlahan. Jangan lupa untuk selalu berinteraksi dengan sang bayi. Bisikkan kata-kata lembut di telinganya. Rasa nyaman dan senang akan memudahkan si kecil untuk bertahak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar