Sabtu, 11 Juni 2011

Ada Hikmah di balik Putus Cinta



Ketika putus cinta terkadang bisa mendorong orang melakukan hal-hal yang sebelumnyaa tak pernah terpikirkan. Jika tidak mampu mengelola perasaan, besar kemungkinann hidup 'korban' patah hati menjadi tidak produktif.

Bila kebetulan saat ini Anda merasakan putus cinta, jangan sia-siakan energi untuk berbuat sesuatu merugikan. Praktikkan 8 panduan berikut ini untuk mendapatkan manfaat dari patah hati, dikutip dari laman She Knows.

- Alihkan energi negatif

Daripada hanya mengurung diri di kamar, cobalah berolahraga, seperti jalan kaki atau berlari. Berkeringat merupakan terapi yang bagus bila Anda sedang punya masalah yang terkait dengan emosi.

Meskipun manfaatnya tidak langsung menyembuhkan perasaan putus cinta, perasaan akan merasa lebih baik setelah melakukan kegiatan ini. Hasilnya, wajah Anda akan terlihat lebih segar. Demikian dinyatakan Dr. John Trent, dari StrongFamilies.com.

- Dengarkan diri sendiri

Heidi Frei, dari Heidi Frei Coaching & Consulting, mencatat salah satu masalah terbesar yang dimiliki wanita setelah putus cinta adalah tidak menempatkan dirinya sendiri terlebih dahulu. Untuk mengatasi perasaan tidak tenang, Frei merekomendasikan agar wanita membuat jurnal harian.

Tuangkan lewat tulisan tentang semua hal dalam hubungan sebelumnya yang membuat Anda kurang puas. Ini akan membantu Anda mengurangi beban sedikit demi sedikit. Lalu, belajarlah untuk mengatakan "ya" ketika hal-hal yang baik bagi Anda dan "tidak" ketika dihadapkan pada hal-hal buruk.

- Buatlah perencanaan

Cara ini akan membantu Anda mengalihkan fokus pada perasaan patah hati. Lakukanlah hal-hal yang sebelumnya (saat berhubungan) tidak dapat Anda lakukan. Misalnya melakukan perjalanan di akhir pekan atau mendaftar ke universitas untuk mendapatkan gelar master. Frei menekankan prioritaskan diri sendiri untuk mencapai tujuan lebih baik.

- Perlakukan diri dengan baik

Jika Anda tidak dapat menyayangi diri sendiri, bagaimana bisa dengan orang lain? Menurut Frei penting manfaatnya untuk memperlakukan diri sendiri seperti Anda ingin pasangan ideal Anda memperlakukan Anda. Contoh menyayangi diri dengan berbelanja, memanjakan diri di spa, atau liburan akhir pekan yang menyenangkan.

- Berpikir rasional

Anda tidak bisa memaksakan untuk membuat si dia kembali ke pelukan Anda. Jalani proses kehidupan ini. Isi pikiran Anda dengan pikiran yang konstruktif dan tidak rumit.

- Menangis untuk melupakan

Tidak ada salahnya menangis. Ini juga merupakan salah satu cara penyembuhan. Namun, jangan terlalu lama menangis. Untuk melupakannya, hapus semua hal (hadiah) yang bisa mengingatkan Anda padanya.

- Jangan terburu-buru jalin hubungan baru

Jangan terlibatt dalam hubungan baru terlalu cepat, yang dapat mentransfer perasaan dari hubungan lama Anda ke yang baru, melainkan, mengambil waktu dengann teman-teman untuk menyingkirkan perasaan kesepian lebih dulu.

- Menjadi sukarelawan

Terlibat kegiatan sosial bersama orang lain merupakan caraa yang bagus untuk mencapai aktualisasi diri

sumber:vivanews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar