Kamis, 19 Mei 2011

Sakit Kepala dengan Pandangan Kabur Bisa Picu Buta Permanen

puyeng

Jangan meremehkan sakit kepala, terutama jika disertai gejala penglihatan kabur. Bisa jadi itu disebabkan oleh tekanan tinggi pada cairan di kepala yang jika dibiarkan berlarut-larut bisa memicu kebutaan permanen di kemudian hari.

Sakit kepala yang disertai penglihatan kabur seringkali menandakan peningkatan tekanan di kepala atau yang menekan saraf-saraf atau disebut dengan istilah idiopathic intracranial hypertension (IIH). Sepintas, gejalanya mirip dengan tumor dan penyumbatan pembuluh darah di kepala.

Kondisi ini sebenarnya jarang terjadi, diperkirakan hanya menyerang 1 di antara 100.000 orang. Namun justru karena jarang, maka kondisi ini sering diabaikan lalu berlanjut hingga memicu kebutaan permanen akibat kerusakan pada saraf-saraf penglihatan di otak.

"Kebanyakan pasien IIH adalah wanita muda yang mengalami obesitas. Pria dan orang-orang yang kurus jarang mengalaminya," ungkap ahli saraf mata dari Mount Sinai Hospital, Prof Janet Rucker seperti dikutip dari NY Dailynews, Jumat (4/3/2011).

Prof Rucker menambahkan, penyebab sesungguhnya pada IIH belum diketahui pasti. Namun peningkatan risikonya sebanding dengan indeks massa tubuh (IMT), artinya jika seseorang semakin gemuk maka risikonya untuk mengalami IIH juga semakin tinggi.

Beberapa faktor pemicu termasuk genetik dan kondisi hormonal masih sebatas dugaan, hingga kini belum ada penelitian yang membuktikannya. Namun penggunaan obat-obatan tertentu diketahui bisa memicu IIH, misalnya minocycline yang dipakai untuk mengobati jerawat.

Prof Rucker menyarankan, sakit kepala yang disertai pandangan kabur sebaiknya segera diperiksakan ke dokter. Sedangkan untuk mengurangi risiko IIH, cara paling mudah yang bisa dilakukan adalah menjaga berat badan tetap ideal atau tidak terlalu gemuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar