Kamis, 14 April 2011

Tips Atasi Stres dengan Pola Makan

Tips Atasi Stres dengan Pola Makan - Stres sering dialami banyak orang. Salah satu sebabnya adalah beban pikiran yang terlalu berat.

Makanan yang kita makan berperan positif terhadap mood, tingkat stres, fungsi otak, dan tingkat energi. Dengan makan secara bijak, yakni selalu memperhatikan pola makan bergizi, mood bisa tetap terjaga dan mengurangi stres.

Berikut pola makan bergizi yang dapat memperbaiki mood dan membantu mengurangi stres.

Ada protein
Pada setiap menu makan utama, jangan lupa memasukkan unsur protein yang merupakan bahan bakar untuk produksi serotonin sebagai 'hormon gembira'.

Ngemil
Menurut penelitian Richard Wurtman, MD, dan Judith Wurtman, PhD, dari Massachusetts Institute of Technology (MIT), ngemil makanan yang mengandung karbohidrat yang mudah dicerna, seperti sepotong biskuit atau roti, bisa menaikkan kadar serotonin.

Full karbohidrat
Ketika stres melanda, pilihlah makanan mengandung karbohidrat kompleks, seperti gandum, beras yang masih ada kulit arinya, ubi-ubian, buah dan sayuran. Jenis makanan ini mengandung serat, vitamin, mineral, dan fitokimia yang dibutuhkan tubuh.

Sedangkan karbohidrat sederhana seperti gula pasir, sirup, dan makanan manis lainnya, sebaiknya ditunda, karena di dalam tubuh lebih cepat diolah menjadi bahan bakar (energi) dan berpotensi menimbulkan kenaikan berat badan.

Hilangkan kafein
Kafein memang memiliki efek stimulan, tetapi efek ini hanya untuk jangka pendek. Penelitian yang dilakukan oleh Larry Christensen, PhD, dari Universitas Alabama Selatan, bahkan menemukan orang yang sensitif terhadap kafein bila menghindarinya, tingkat energi dan mood mereka meningkat secara signifikan.

Omega-3
Asam lemak Omega-3 yang terkandung dalam ikan laut, seafood lainnya, dan berbagai minyak nabati, seperti minyak kanola, diduga memiliki efek perlindungan terhadap depresi dan berperan dalam peningkatan mood.
Jadi, anjuran para ahli untuk makan ikan minimal dua kali dalam seminggu sebaiknya dilakukan.

Selalu sarapan
Orang yang selalu sarapan cenderung memiliki mood lebih konsisten.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar