Rabu, 13 April 2011

Tips Agar Anak Mau Tidur Tepat Waktu

Anak Tidur

Tips Agar Anak Mau Tidur Tepat Waktu - Ketika mulai beranjak besar, anak-anak mulai sulit diminta tidur. Ada saja hal-hal yang membuat mereka tak mau pergi ke tempat tidur. Berikut ini enam tips agar mereka mau pergi tidur tepat waktu:

1. Langkah pertama agar anak mau pergi tidur tanpa banyak keributan adalah dengan membuat rutinitas. Saat anak tidur di waktu yang sama setiap harinya, tubuh mereka akan beradaptasi dan mereka akan mengantuk dengan mudah.

2. Sangat penting untuk membatasi kegiatan yang menstimulasi mental dan fisiknya seperti menonton televisi, bermain komputer atau permainan yang melibatkan fisik. Usahakan anak-anak tidak melakukan kegiatan tersebut beberapa jam sebelum mereka tidur. Kegiatan yang lebih menenangkan seperti membaca, menggambar adalah pilihan yang lebih baik.

3. Salah satu cara membuat anak mood untuk pergi tidur adalah dengan membacakan mereka cerita atau memperdengarkan musik yang lembut. Kegiatan ini selain menenangkannya, juga membuat anak terbiasa di otak mereka kalau dengan melakukan aktivitas tersebut artinya sudah waktunya tidur.

4. Pastikan anak merasa nyaman sepanjang malam, misalnya dengan menaruh mainan favoritnya di tempat tidur atau benda-benda lainnya yang ia sukai.

5. Pakaian yang dikenakan anak selama tidur juga harus nyaman, jangan terlalu ketat, panas dan tipis.

6. Begitu anak sudah berada di tempat tidurnya dan terlihat mulai mengantuk, tinggalkan kamarnya. Biarkan anak belajar untuk tertidur sendiri tanpa bergantung pada kehadiran orang tuanya.
Bagaimana jika anak tidak mau berada di tempat tidurnya? Dilansir Kids Health, berikut ini beberapa cara mengatasinya:

1. Ajak anak kembali ke tempat tidurnya. Jangan biarkan dia berlama-lama di kamar Anda.

2. Cari tahu apa yang membuat anak tidak mau tidur di kamarnya. Kalau dia takut, misalnya karena lampu dimatikan, biarkan selama beberapa saat lampu di kamarnya menyala.

3. Jika anak tiba-tiba menangis, tunggu beberapa menit, baru setelah itu Anda mendatanginya.

4. Kalau anak terus menangis dan memanggil Anda setiap ditinggalkan, tunggu beberapa saat, setiap Anda akan kembali melihatnya.

5. Beritahu anak kalau sekarang sudah waktunya dia tidur. Katakan padanya kalau Anda pasti akan mendatangi kamarnya kalau dia sudah tenang atau malah tertidur.wolipop

Tidak ada komentar:

Posting Komentar