Kamis, 21 April 2011

Batik, Peninggalan Budaya yang Mendunia

Batik, Peninggalan Budaya yang Mendunia - Batik merupakan kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia sejak lama.

Bangsa Indonesia sangat bangga akan batik, karena tingginya nilai budaya yang merangkum kreativitas dan aura semangat kebebasan bangsa Indonesia itu sendiri.

Beberapa tahun belakangan ini, masyarakat Indonesia terkena 'demam' batik. Batik sebagai warisan budaya yang telah berumur ratusan tahun dipakai sebagai busana asli Indonesia kini sudah berkembang begitu luasnya, dengan banyaknya pakaian batik yang dimodifikasi sesuai tren saat ini.

Keanekaragaman batik telah dibuktikan dengan kepiawaian para desainer Indonesia memasukkan unsur tradisional yang ada pada batik menjadi tren fesyen yang modern, namun tetap memiliki unsur budaya yang utuh
Motif dan pengakuan dunia

Menariknya, hingga saat ini telah banyak desainer yang mengadirkan busana batik dengan perpaduan nuansa kotemporer dan corak yang lebih beragam serta model busana yang lebih bervariasi.

Ini yang membuat batik dapat digunakan dalam berbagai acara mulai acara formal hingga santai. Bahkan, berkat ide dan sentuhan seni para desainer batik lahir menjadi karya etnik modern dengan tampilan yang lebih manis dan elegan.
Dari segi warna, batik hadir dengan nuansa yang beragam. Permainan warna, motif tabrak, model modern pun berani diusung untuk menciptakan sebuah karya yang indah dan tidak ketinggalan jaman, namun tetap mencintai produk Tanah Air.

Akhirnya, batik yang diciptakan dengan model lebih santai itu pun bisa dikenakan dalam kesempatan apapun, seperti ketika pergi ke kantor, jalan-jalan atau santai dirumah.

Keberadaan batik tidak hanya dipromosikan oleh disainer ternama Indonesia seperti Raden Sirait, Poppy Darsono, Adjie Notonegoro. Penetapan batik sebagai warisan budaya tak benda yang dilaksanakan pada 2 Oktober 2009 di Abu Dabi, Timur Tengah oleh United Nations Educational Scientific and Cultural Organization atau UNESCO telah meningkatkan pamor batik di Indonesia dan dunia. Seiring meningkatnya pamor batik, permintaan batik pun meningkat pesat.

Tengok saja, Alleira Batik, salah satu butik batik yang sukses hingga berhasil merambah pangsa pasar internasional. Alleira Batik yang telah menjajaki pasar mancanegara sejak 2008 ini semakin konsentrasi di pasar global. Alleira telah menjadi bendera yang akan dibawanya ke berbagai belahan dunia.inilahdotcom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar