Jumat, 15 April 2011

Batasi Sayuran dan Olahraga Bikin Kurus?

Batasi Sayuran dan Olahraga Bikin Kurus?

Batasi Sayuran dan Olahraga Bikin Kurus? - Kalau dulu menurunkan berat badan harus mengkonsumsi banyak sayur dan juga buah, tapi kini justru harus dikurangi. Mengganti dengan protein dan juga kurangi olahraga berlebihan justru akan mendapatkan hasil maksimal. Bagaimana mungkin?

Anda sedang menjalankan program diet, tapi tidak ada hasilnya? Padahal sudah makan banyak sayur dan juga melakukan olahraga ekstra setiap harinya. Penelitian yang baru-baru ini dilakukan didapat bahwa dengan mengkonsumsi sedikit sayur dan juga batasi olahraga berlebihan justru membawa hasil yang baik. Bagaimana bisa?

Menurut seorang nutrisionis, Zoe Harcombe, "Makanan berkarbo memang mengandung kalori, tapi tidak lantas sebagai penyumbang sekian kilogram pada berat tubuh," ujarnya seperti yang dilansir Times of India.
Penulis buku 'The Obesity Epidemic: What Caused It? How Can We Stop It?' juga mengatakan untuk kembali ke diet tempo dulu yang tetap mengkonsumsi daging, telur, dan juga butter, dan hampir seluruhnya bebas karbohidrat.

Berikut ini beberapa mitos yang ditulis di dalam bukunya:

1. Sayuran dan buah-buahan memang mengandung nutrisi tinggi. Sayuran hijau baik jika dioleskan sedikit butter agar vitamin yang larut dalam lemak bisa bekerja. Gula yang terdapat dalam buah disimpan sebagai lemak di dalam hati.

2. Menurunkan berat badan adalah dengan menurunkan kalori. Jika Anda mengurangi 500 kalori dari 2000 kalori yang seharusnya, maka penurunan berat badan pun akan cepat dirasakan. Namun, tubuh akan mengimbanginya dan menolak metabolisme untuk mengurangi energi yang keluar sehingga menggunakan lebih sedikit kalori.

3. Makanan yang mengandung tepung seperti gandum, umbi-umbian, dan juga biji-bijian seharusnya menjadi bagian utamam pola makan. Namun pastikan jumlahnya tidak berlebihan karena makanan tersebut mengandung gula dan akan memaksa tubuh untuk melepas insulin agar kadar glukosa kembali normal.

4. Untuk mendapatkan tubuh yang ideal, Anda kadang melakukan olah raga yang berlebihan. Hal ini justru tidak baik, karena olah raga yang berlebihan akan merangsang Anda untuk mengkonumsi karbohidrat lebih sering untuk mengganti energi yang keluar karena olahraga.

5. Kembali pada pola makan tiga kali sehari, dan kurangi camilan yang tidak diperlukan. Karbohidrat tetap diperlukan tubuh, namun sesuaikan jumlah yang seharusnya masuk ke dalam tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar